Karena Aku Bukan PNS

Dari sebuah akun Instagram aku mendapat info rumah kredit, menurut info yg tertera di ada rumah type 40 dgn harga 250 juta, dp 50 juta dan cicilan 1,8 juta perbulan, aku dan keluarga pun cukup mulai mempertimbangkan untuk kredit rumah meskipun belum tentu punya cukup uang buat dp.

Setelah berdiskusi di grup whatsapp dan mempertimbangkan berbagai hal akhirnya kuputuskan datang ke lokasi. Ada banyak hal yg membuat ku memikirkan urusan rumah, pertama aku sudah cukup lama menyewa rumah, menghabiskan banyak uang untuk bangunan yg tidak pernah menjadi hak milik.

Menjelaskan sore aku pun datang ke lokasi dan sempat kesasar, maklum lokasinya di perkampungan pinggir kota, sampai di lokasi terlihat rumah berukuran kecil berjejer ada 8 unit, setelah bertemu dgn penjualnya aku langsung diajak melihat rumah yg tersisa dua lagi.

Penjualnya ternyata masih lumayan muda ia mulai menjelaskan soal rumah dan lain sebagainya, karena tahu aku ingin kredit ia mulai bertanya soal pekerjaan dan penghasilan, setelah tahu gajiku sebesar ump ia terlihat kurang bersemangat melayani pertanyaan.

Kalau gaji segitu agak berat bang, katanya lagi, dgn wajah tak lagi bersemangat.

Dari penjelasan nya aku mulai mengerti kalau cicilan 1,8 itu hanya untuk PNS karena ada subsidi dari pemerintah, sementara bagi non PNS cicilannya bisa mencapai 2,7 juta tanpa subsidi, bayangkan bagaimana mudahnya kalangan PNS, sudah di gaji pemerintah dan mudah mendapat kepercayaan dari para pebisnis.

Aku pernah dengar kalau para pengembang properti atau biasa disebut developer ini mendapat keuntungan dua kali lipat dari produk mereka.

Persoalannya memang bukan soal mampu atau tidak membayar kredit namun lebih pada keamanan finansial, orang non pns dianggap secara finansial tidak aman kecuali pengusaha.

Aku dan adik akhirnya pulang, pupus sudah harapan keinginan punya rumah sendiri seakan sirna begitu saja. Sebenarnya rumah tersebut memang kecil namun dgn angsuran 1,8 juta kami masih bisa saling bantu dirumah, namun jika cicilannya 2 juta lebih sangat berat dan tidak wajar mengingat dan tergolong mahal untuk ukuran segitu.

share donk!!

Berikan Komentar